SMK NEGERI 1 SALAM

Jl. Krapyak, Seloboro, Salam, Magelang, Jawa Tengah.

Do All Things Totally

SMK Negeri 1 Salam Ikuti Kamp Kreatif SMK Indonesia 2019

Selasa, 12 Mei 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 76 Kali

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu dan mengimplementasikan teknologi terbaru/ industri 4.0 dalam proses pembelajaran di SMK, Direktorat Pembinaan SMK meluncurkan program terbaru yang bernama “Kamp Kreatif SMK Indonesia (Pembelajaran Daring) KKSI 2019”. Sejalan dengan program strategis pengembangan sekolah kedepan, SMK Negeri 1 Salam ikut serta dalam kegiatan KKSI tahun ini. Adapun Kamp yang dikuti yaitu; Kamp Urban Agriculture, diikuti 2 tim dari Kompetensi Keahlian ATPH masing-masing beranggotakan 8 siswa dan 1 guru pembimbing.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan, dimana satu bulan untuk pembelajaran daring memalui video conference dan dua bulan kemudian membuat  proyek sampai laporan. Mengambil tempat belajar Ruang Sidang para siswa setiap minggu di bulan Agustus 2019 mengikuti pembelajaran daring memalui video conference, dan dua bulan berikutnya yaitu September s.d Oktober 2019 membuat proyek. Dalam hal ini kedua tim berkreasi membuat proyek penanaman vertikulture hidroponik. Teknologiyang diciptakan adalah membuat instalasi vertikultur hidroponik.  Instalasi hidroponik pada sistem ini menggunakan sistem pasang surut  (Ebb and Flow System) dan DFT dengan cara menggabungkan 3 susun rangkaian yaitu pertama menggunakan sistem DFT dan yang kedua serta ketiga menggunakan sistem DFT pasang surut.

Siswa terlihat sangat antusias, seperti yang diungkapkan oleh Fahri kelas XII ATPH 1, “Alhamdulilah, pengalaman yang sangat berharga, mudah-mudahan banyak manfaat yang bisa saya dapatkan”.

Sebelum berhasil menciptakan karyanya, kedua tim beberapa kali melakukan percobaan. Awalnya tim mengalami kendala karena ada komponen pralon yang tidak terhubung. Setelah dipelajari akhirnya berhasil hingga beberapa kali percobaan. Alhamdulilah akhirnya karya salah satu dari tim kamp kreatif ATPH berhasil mendapatkan juara 2 kategori ide terbaik. Dan siswa mendapatkan sertifikat dari direktorat pembinaan SMK. (HY)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT